RANCANG USAHAMU
MEMBUAT RENCANA USAHA
(BUSINESS PLAN)
Setelah
memahami berbagai hal yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha. Kini, saatnya
membuat rencana usaha. Berikut adalah cara muda dalam menyusul rencana usaha.
A. Informasi
Dasar
B. Produk Usaha
Bagian ini berisi penjelasan
mengenai produk usaha yang akan dijual yaitu:
a) Produk
(barang/jasa) yang akan ditawarkan kepada konsumen
b)
Keunggulan/keunikan masing-masing produk
c)
Perbandingan produk yang ditawarkan dengan produk sejenis yang dijual oleh
perusahaan lain
d) Jumlah
produksi dari produk yang akan ditawarkan e) Kemana saja produk-produk tersebut
akan dijual (distribusi)
C. Kegiatan Utama (Key
Activities)
Bagian ini
berisi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan utama apa saja akan dilakukan
dalam usaha-mu, serta siapa yang akan melakukan kegiatan tersebut.
D. Sumber Daya Utama (Key
Resource)
Bagian ini
berisi penjelasan mengenai sumber daya apa saja yang dibutuhkan dalam
keseluruhan proses usaha. Sumber daya yang dimaksud di sini berupa alat, bahan,
maupun tenaga kerja yang dilibatkan dalam keseluruhan proses usaha.
E. Target Konsumen
Bagian ini
berisi penjelasan mengenai siapa saja calon konsumen yang akan menjadi target
pemasaran usaha Anda.
F. Strategi Pemasaran
Bagian ini
berisi penjelasan mengenai cara memasarkan produk agar dapat diketahui oleh
konsumen, serta mampu manarik hati konsumen untuk membeli.
G. Rencana Keuangan
Bagian ini
berisi penjelasan mengenai item-item atau hal-hal apa saja yang akan
dikeluarkan untuk keberlangsungan usaha, beserta perkiraan biaya yang akan
dikeluarkan. Komponen ini meliputi bagian produksi, pemasaran, operasional,
distribusi, dan semua proses usaha. Tidak usah diisi jika tidak ada dalam usaha
yang Anda jalankan.
Setelah
membuat detail biaya diatas, selanjutnya dapat dibuat perhitungan biaya modal
yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Hal ini untuk mengetahui berapa banyak
modal yang dibutuhkan, serta dari mana saja modal tersebut diperoleh.
SUMBER : USAID JAPRI MODUL
2017
Komentar
Posting Komentar