JADI PENGUSAHA MANDIRI ALA JAPRI
JADI
PENGUSAHA MANDIRI ALA JAPRI
1.
Karakter Pengusaha Sukses
Siapa sih yang nggak pengen jadi
pengusaha sukses?Pasti semua orang pengen jadi pengusaha yang sukses bukan? Perlu diketahui bahwa setiap pengusaha
yang sukses memiliki sebuah karakter yang mampu menunjang kesuksesan mereka.
Dari sekian banyak karakter yang dimiliki pengusaha, kita akan membahas
karakter umum dari pengusaha yang sukses diantaranya:
1)
Buat Passion Jadi Usaha
PASSION WILL DRIVE
AWESOME RESULT !
Apa yang
kita dapatkan selama kita menjalankan
usaha adalah sebuah bentuk kepuasan tersendiri bagi kita. Jika kita menikmati
semua prosesnya maka kita akan memiliki rasa yang kuat terhadap usaha kita.
Sebaliknya, jika kita tidak menikmati setiap proses yang kita jalani maka usaha
yang kita jalankan kemungkinan tidak berhasil.
2)
Jalankan Dengan Serius
Untuk menjadi seorang pengusaha yang
sukses, kita harus yakin dan percaya pada barang atau jasa yang kita jual. Banyak
pengusaha yang kurang yakin terhadap produk yang dijualnya, sehingga mereka
tidak memiliki keberanian yang cukup untuk bersaing dengan produk usaha lain.
3)
Rencanakan Semuanya Dengan Matang
Merencanakan setiap hal dalam usaha bukan
lagi menjadi kewajiban setiap pengusaha, melainkan kebiasaan yang harus
dikembangkan, diterapkan, dan dipelihara oleh setiap pengusaha. Merencanakan
usaha sangat penting dilakukan agar kita bisa mengambil keputusan yang tepat
terkait usaha kita. Dengan adanya rencana usaha, kita dapat meminimalisir
kesalahan awal yang dapat kita lakukan akibat kurangnya persiapan dan mengukur
keberhasilan dari langkah yang telah kita ambil.
4)
Mengelola Uang Dengan Bijak
Mengelola keuangan merupakan keterampilan
yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Keterampilan yang paling penting
dari mengelola keuangan sebuah usaha adalah memisahkan pengelolaan keuangan
pribadi dan usaha. Pencatatan yang rutin dan lengkap juga menjadi kebiasan yang
sangat baik bagi sebuah usaha. Dari pencatatan tersebut dapat dilihat dengan
jelas kemana aliran uang usaha kita berputar. Oleh karena itu, semua pengusaha
harus menjadi manajer keuangan yang bijak untuk menjamin ketersediaan aliran
kas untuk kebutuhan usaha.
5)
Fokus Terhadap Konsumen dan Pelanggan
Usaha kita bukan tentang barang atau jasa
yang kita jual. Usaha kita juga bukan tentang harga dari barang dan jasa yang
kita jual. Usaha kita bukan persaingan mengalahkan pengusaha yang lain. Usaha
kita adalah tentang konsumen dan pelanggan (people- centered).
Pendekatan apa yang kita lakukan untuk bisa mengetahui keinginan dan kebutuhan
konsumen dan pelanggan atas suatu barang atau jasa. Konsumen dan pelanggan
adalah orang-orang yang membuat keputusan akhir apakah barang atau jasa kita
layak dibeli atau tidak. Layak dilakukan pembelian ulang atau tidak. Jadi kita
harus fokus untuk terus mencari tahu bagaimana produk kita bisa terus menerus
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan.
6)
Ciptakan Keunggulan Yang Kompetitif
Barang dan jasa yang kita jual haruslah
memiliki keunggulan atau daya tarik tersendiri. Hal ini perlu dilakukan agar
konsumen atau pelanggan memiliki alasan khusus untuk membeli produk kita. Keunikan
bisa dari manfaat barang atau jasa yang kita jual, bisa juga layanan atau
produk yang berbeda dari para pesaing.
2.
Menjadi Pengusaha Yang Beretika
Untuk menjadi pengusaha yang sukses,
seseorang harus mampu menjalankan bisnis secara beretika. Etika usaha merupakan
komponen dasar dan penting yang harus selalu dipegang oleh seorang pengusaha
dalam menjalankan setiap proses dalam usahanya. Etika dalam hal ini adalah
cara-cara dalam melakukan kegiatan usaha, yang mencakup sikap atau moral
pengusaha dalam lingkungan usaha serta masyarakat dan pelaku didalam rantai
nilai usahanya.
Seorang pengusaha yang baik akan
senantiasa mengelola dan menjalankan usahanya secara sehat, tidak merugikan
orang lain, dan bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Berikut
adalah beberapa cara untuk menjadi pengusaha yang beretika:
1.
Jujur
Kejujuran merupakan salah satu hal penting untuk bisa sukses dalam
menjalankan usaha dengan membangun kepercayaan konsumen, pelanggan, dan
masyarakat. Kita harus bersikap jujur dalam segala hal, mulai dari hanya
memberikan informasi hingga proses menganalisa kekurangan barang/jasa yang kita
tawarkan.
2.
Komitmen
Seorang pengusaha dapat dipercaya jika ia senantiasa berusaha memenuhi
janji dan komitmen yang pernah dibuat. Tidak hanya itu, seorang pengusaha juga
harus senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada
pelanggan sejak usahanya dimulai sampai saat usahanya sudah besar dan sukses.
Hal inilah yang akan membuat suatu produk atau jasa selalu dicintai oleh
konsumennya.
3.
Loyalitas/kesetiaan
Loyalitas adalah hal yang sangat diperlukan agar usaha dapat berjalan
dengan baik tanpa menimbulkan konflik. Loyalitas dapat ditunjukkan dengan
bekerja sesuai dengan tujuan usaha serta tidak mencampurkan masalah usaha
dengan masalah pribadi. Kita juga dapat menunjukkan loyalitas dengan memberikan
seluruh kemampuan yang kita miliki demi perkembangan usaha ke arah yang lebih
baik.
4.
Kepedulian
Seorang pengusaha harus menjadi pribadi yang menunjukkan kepedulian,
simpatik, dan baik hati. Kita harus memahami bahwa keputusan dalam usaha tidak
hanya berpengaruh bagi perusahaan, namun juga masyarakat dan lingkungan di
sekitar usaha. Seorang pengusaha harus mampu memberikan keputusan yang memiliki
paling banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
5.
Mematuhi Aturan
Dunia usaha tentu memiliki berbagai aturan yang telah ditetapkan secara
tertulis maupun tidak tertulis. Patuhilah seluruh aturan tersebut agar dapat
menjadi pengusaha yang disegani masyarakat dan lingkungan dan sesuai dengan
hukum dan perundangan yang berlaku di Indonesia.
Sumber: USAID JAPRI
MODUL
Komentar
Posting Komentar