PEMASARAN
MENGEMBANGKAN STRATEGI
PEMASARAN YANG EFEKTIF
Untuk dapat
menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran agar
konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar
dapat menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang
efektif. Hal ini bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat
menginformasikan produk yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target
konsumen kita. Namun, sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit
mengenai makna dari strategi pemasaran.
Strategi: Cara-cara yang
dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa yang diinginkan
(tujuan).
Pemasaran:
kegiatan-kegiatan yang terdiri dari menentukan harga jual, menetapkan pangsa
atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan
terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Strategi pemasaran:
cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk menentukan harga
jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan,
mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Manfaat strategi pemasaran
·
Merencanakan produk dan
membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
·
Menentukan harga jual yang
tepat.
·
Mempromosikan produk dengan
cara dan saluran media yang tepat.
Strategi pemasaran yang lazim
digunakan adalah bauran pemasaran 4P (Marketing Mix). Bauran pemasaran adalah
kombinasi dari 4 kegiatan (4P) yang merupakan inti dari sistem pemasaran.
Bauran Pemasaran (Marketing
Mix)
Bauran pemasaran juga dikenal
dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat
penjualan/jalur distribusi), dan promotion (promosi).
Ø Product (produk) adalah sesuatu yang ditawarkan ke calon
konsumen, baik berupa barang maupun jasa. Hal-hal yang termasuk product
meliputi: variasi, kualitas, desain, merek, dan kemasan.
Ø Price (harga) adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh
calon konsumen untuk memiliki / menikmati barang atau jasa yang diinginkan.
Hal-hal yang termasuk price meliputi: daftar harga dan diskon potongan harga.
Ø Place (tempat penjualan / jalur distribusi) adalah merupakan
lokasi atau tempat dimana calon konsumen bisa dengan mudah menjangkau atau
mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk place
meliputi: lokasi penjualan, wilayah penjualan, dan alat transportasi.
Ø Promotion (promosi) adalah kegiatan-kegiatan atau cara yang
dilakukan oleh pengusaha untuk mengenalkan barang atau jasa yang dijual dan
menarik minat calon konsumen untuk membeli, termasuk media yang digunakan untuk
promosi. Hal-hal yang termasuk promotion meliputi: brosur, poster, iklan di
koran, majalah, radio, media online (facebook dan Instagram), spanduk, dan
lain-lain.
Sebelum menerapkan 4P di atas,
ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
Ø Solusi Pelanggan (Customer Solution). Barang atau jasa yang dijual
harusnya dapat membantu dan mampu menyelesaikan masalah konsumen.
Ø Biaya Pelanggan (Customer Cost). Barang atau jasa yang akan
dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk tersebut harus sesuai atau setara
dengan kebutuhan atau keinginannya.
Ø Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa tersebut mampu
menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.
Ø Komunikasi (Communication). Pengusaha dan konsumen dapat
melakukan komunikasi baik sebelum membeli, saat membeli, maupun sesudah
pembelian barang atau jasa.
ANGGARAN PEMASARAN
Setelah
menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran pemasaran.
Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran
pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon
konsumen yang dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari
aktivitas pemasaran saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti
produksi.
Anggaran
pemasaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, biasanya tergantung pada situasi
dan kondisi usaha dan konsumen. Ada beberapa bulan dimana permintaan konsumen
terhadap barang atau jasa tertentu cukup banyak, misalnya bulan Juni dan Juli
yang mendekati tahun ajaran baru bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Bila usaha
kita menjual seragam sekolah, maka permintaan konsumen untuk seragam sekolah
pada bulan tersebut biasanya lebih banyak daripada bulan-bulan yang lain. Pada
bulan tersebut, anggaran pemasaran dimungkinkan untuk ditingkatkan agar
permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan maksimal.
SUMBER
: USAID JAPRI MODUL 2017
Komentar
Posting Komentar